Rabu, 31 Maret 2010

Pemimpin Hebat


Pagi Ini saya buka FB, dan melihat status dari Bang Pea, tentang seorang wartawan senior yang pernah jadi pimpinannya dulu Bob Hutabarat yang telah meninggal dunia. Saya tidak pernah mengenal langsung sosok Bob Hutabarat karena beda jauh generasinya. Namun membaca coment-coment dari rekan-rekan dan mantan anak buahnya di FB, saya membayangkan beliau adalah sosok pemimpin hebat yang begitu dihormati, oleh anak buahnya. Bisakah saya menjadi seperti itu, meski dalam lingkup yang lebih kecil?
Said Surung Hutapea Hari ini, Rabu (31/3) Bob Hutabarat, mantan wartawan Kompas dan mantan Pemred Sriwijaya Post dimakamkan di Jaksel. Bagi para sahabat kita mendapat pelajaran berharga dari perjalanan hidupnya: Bahwa hari-hari yang baik memberikan kebahagiaan; hari-hari yang kurang baik memberikan pengalaman; kedua-duanya memberikan arti dan pelajaran berharga bagi kita yang ditinggalkannya. Selamat jalan Bang Bob...
Today at 4:57pm · ·
Steve H Prabowo
Steve H Prabowo
Hah? Aku baru tahu, Pe. Ikut berdoa aja untuk arwah dia.
Today at 5:12pm
Rahmad Sukarman
Rahmad Sukarman
semoga damai di alam nya dan diberikan kemudahan untuk keluarga yg di tinggalkan
Today at 5:29pm
Yamin Mohammad SAch
Yamin Mohammad SAch
Wah aku baru tau pak cik dah meninggal.. kyknya aku tadi sempat sepintas liat di statusnya b' tres tapi aku ga' baca.. sungguh pengalaman berharga pernah aku dapat dari bob hutabarat. ketika sriwijaya post disensor, dia panglima yang berani dan lihai walau pun kita dimarah-marahin. Aku ingat waktu dia argumentasi sama yran soal pentingnya azas ... See Morekehati-hatian dalam pemberitaan, dia bilang, "dek aku ini cari makan..." dan yran juga bilang, "aku cari makan juga pak cik.." kita saling menyakiti, tapi setelah itu tim kita jadi tangguh dan saling melindungi. pak cik mengamankan pengganggu-pengganggu berseragam di luar dan kita jadi satpam di dalam tidak ada satu pun orang yang boleh masuk ruang redaksi kecuali wartawan. sebuah pengalaman yang sangat berharga..selamat jalan pak cik, tak akan terlupakan..
Today at 5:42pm
Steve H Prabowo
Steve H Prabowo
Kalo soal itu, rasanya aku lebih cenderung belain sikap Yran. Pak Cik, menurut aku, sangat kompromistis. Yran punya komentar?
Today at 5:57pm
Yamin Mohammad SAch
Yamin Mohammad SAch
aku si'.. aku kalo gak konflik sama Pak Cik di palembang mana mungkin aku mewujudkan mimpi bekerja untuk timor .. gara-gara Pak Cik, Om Valens terpaksa terima aku ikut tim Dili
Today at 6:01pm
Hesma Eryani
Hesma Eryani
Bang pea tks dah ngasih dah nulis tentang pak Cik. Bagiku Bang Bob, begitu aku menyapanya, punya kenangan tersendiri. Sebagai Pemred dia pasang badan ketika saya dipanggil Kajati gara-gara tulisanku di halaman opini Sriwijaya Post, dan ketika Pemprov Sumsel sangat ingin mengkooptasi Sriwijaya Post. saya termasuk salah satu orang yang sangat ... See Morediinginkan Pemrov Sumsel dipecat dari Sripo (saya waktu itu ngepos di Pemprov).
Bang Bob, bersama bang Atu (abadi Tumenggung) membuat saya berani dan tegar. "Kau tenang saja, teruslah bekerja, biar saya yang hadapi, ini urusan saya"katanya. Kini kalimat itu kembali menggetarkan kalbu saya. Bang Bob mengajari saya menjadi wartawan yang memiliki harga diri. Dia juga sangat menghargai keyakinan saya. Dia tak melupakan anak buahnya. Saya pernah menelponnya ketika dia menjadi Pemred koran Jakarta (maaf kalau saya salah), dan dia menyambut dengan sangat akrab sembari menyebutkan ciri-ciri khas yang membuat saya yakin dia tidak basa-basi mengingat saya.
Damailah di alam sana Banb Bob, mudah2n banyak bob baru yang meneruskan idealismemu....akh....jadi ingat tulisannya berjudul Tangisan di Tengah Kebun Karet yang meraih penghargaan itu....
@Bang Yamin apa kabar? kangen nih....
Today at 6:30pm
Pelita Nur Aminy
Pelita Nur Aminy
gara2 pak cik aq bnyk mendapat pelajaran tentang kehumasann dan menjalin relasi sebanyk2nya, karena ditangan dia lembaga yg dipimpinnya memiliki humas,sebuah divisi langka u surat kbr diplg.selamat jln pak cik..
Today at 6:32pm
Yamin Mohammad SAch
Yamin Mohammad SAch
@hai hesma .. kabar baik.. kita sudah kehilangan 2 pemimpin kontroversial dalam style yang berbeda ..
lanjut .. siapa berikutnya ?.....
Today at 6:36pm
Steve H Prabowo
Steve H Prabowo
siapa sikoknyo, Mya? Selain Pak Ci, siapa lagi yang sudah pergi?
Today at 6:38pm
Fj Adjong
Fj Adjong
pak cik, selamat jalan. masih tersimpan kenangan manis. dia ajarkan bagaimana hidup ini mengalir dan enteng saja di dalam menghadapi hal2 yang berat
Today at 6:42pm
Yamin Mohammad SAch
Yamin Mohammad SAch
@stiv: oooi kau tu ca' ida' tau bae her .. senhõr valdo lah .. the first and only ..
lanjut ..
Today at 6:50pm
Steve H Prabowo
Steve H Prabowo
@ Pea: Sorry Pe, aku ga perhatiin FB (lagi nulis), sehingga sapaanmu di chat ga lihat. Begitu lihat, eh lu udah offline. Aku ikut sedih dengar ceritamu. Semoga itu tidak menggambarkan perjalan Pak Ci ke surga ya.

@ Mya: Oh, Tiu Valdo maksud awak. Kau masih simpan foto-foto di Ambon bersama Tiu Valens? yang juga da Tiu Ben Oleona, Adrizon, Tommy dan lain-lain?
Today at 7:00pm
Ida Setyorini
Ida Setyorini
Bang Bob salah satu mentorku waktu baru masuk kompas. dia salah satu yan berkesan buatku krn kocak dan apa adanya.
Today at 9:09pm
Yusran Hakim
Yusran Hakim
Innalillahiwainalillahi rojiun... Selamat jalan pakcik. Sorry, aku baru tau berita ini, justru dari mas Setip.. Pe, kau gak sopan juga gak ngasih kabar ke kita-kita. Kalo tau, paling gak kan bisa ngelayat beliau untuk terakhir kalinya.
@Mya: "saling menyakiti"...entahlah, mungkin begitu rupa yang kasat mata (mungkin juga di hati), tapi aku lebih ... See Morecenderung (sekarang ini) melihat itu sebagai bagian dari proses, pembelajaran, cara bersikap, berprinsip...yang membuat jadi seperti apa kita sekarang... Dan Bob Hutabarat adalah salah satu bagian yang membentuk itu, gak akan pernah ternisbihkan...
Today at 9:50pm
Said Surung Hutapea
Said Surung Hutapea
Bos Yran, sy juga baru tahu td pagi setelah baca Kompas. Langsung sy jalan ke Pondok Cabe...
Today at 10:03pm
Hastry Forensik
Hastry Forensik
SY DIKIRIMIN WARTA NYA...JD ADA SAYA DAK?
Today at 10:06pm
Steve H Prabowo
Steve H Prabowo
Pea, bener Yran ... apalagi rumah kita deket Pondo Cabe
Today at 10:07pm
Yamin Mohammad SAch
Yamin Mohammad SAch
aku terakhir ketemu pak cik di sabang tahun 2004 waktu aku pulang libur ke jkt, kebetulan sama-sama kelaparan makan sate. dia sama temennya. waktu itu dia bilang sudah hampir pensiun(?). kami ga' banyak ngobrol cuma basa-basi dia tanya kenapa aku berani terus-terusan ninggalin keluarga untuk kerja di timor. aku bilang, "aku suka." abis itu kami salaman, pisah dan ga' pernah ketemu lagi ..
11 hours ago
Machsus Thamrin
Machsus Thamrin
Pak cik, maafkan saya sempat marah ketika Pak Cik membiarkan "Humas keparat" itu memasuki ruang produksi kita dan Pak Cik mempersilakan dia menandatangani lembaran pracetak itu. Padahal waktu itu Iyal Azis udah mau menghantam orang itu. Namun kematangan Pak Cik, membuat dampak sensor itu begitu dasyat, koran waktu itu tetap terbit. Keesokan ... See Moreharinya berita penyensoran itu menjadi tajuk di harian Kompas, karena ditengah angin keterbukaan yang mulai didengungkan rezim orde baru, dengan Mendagri Rudini, apa yang dilakukan Ramli Hasan Basri, menjadi sebuah anomali.

Jadinya dasyat, Ramli Hasan Basri meminta maaf dan dia jadi bulan-bulanan pers nasional. Apa jadinya kalau Pak Cik membiarkan preman itu kita hajar di kantor kita, barangkali nasib kita sebagai wartawan berakhir disitu dan kita tercatat sebagai wartawan preman juga. Selamat jalan Pak Cik, jasamu selalu kuingat, dan apa yang Pak Cik berhasil menanamkan kebanggaan sebagai wartawan kepada kami, hingga kini.......
2 hours ago

Tidak ada komentar:

Posting Komentar