Kamis, 18 Maret 2010

Iklan yang Unik ( Ririn Dumin dan Sarah Aprilia)

Saya bukan pemerhati dunia marketing dan iklan, namun kepopuleran sosok ririn dumin yang ramai dibicarakan di dunia maya, gara-gara video2 nya di you tube serta blog yang berisi impiannya menjadi actris dan bintang iklan mampu manarik perhatian saya. Tak hanya ramai dibicarakan di forum, beberapa situs berita online juga mengulasnya. Misalnya di Okezone "Demi Jadi Artis, ABG Rela Permalukan Diri di Blog" Per 8 maret, sebuah situs berita mengabarkan Video Ririn Dumin Ditonton Lebih dari 4000 Kali, dan banyak jadi topic di twitter. Ririn banyak mendapat komentar, dari cemoohan, tertawaan hingga dukungan atas perjuangannya jadi bintang.

Video berseri nya ini kemudian berujung pada kesuksesan Ririn menjadi bintang iklan obat sakit kepala Dumin Paracetamol, yang juga mulai tayang di televisi. Jelas video2 sebelumnya sengaja dibuat untuk menarik perhatian orang, dari awal namanya saja sudah Ririn Dumin. Cara yang cukup sukses, banyak yang terkecoh, ada juga yang sebenarnya sudah menduga, yang jelas cara ini sudah mampu menarik perhatian orang.


Cara yang serupa tapi tak sama juga pernah terjadi saat orang ramai membicarakan Sarah Aprilia, wanita cantik dan seksi yang menawarkan diri menjadi guru les, lewat selebaran umum yang mencantumkan no telp dan alamat emailnya. Sarah ramai dibicarakan di Internet dan jadi sosok yang bikin penasaran. Ternyata ujung2 nya sarah aprilia kemudian muncul ke publik sebagai bintang iklan.

Ternyata ini adalah bagian dari strategi Marketing Men's Division PT Mustika Ratu untuk meluncurkan produk cologne untuk pria. Selama beberapa bulan, Mustika Ratu melakukan aktivitas marketing melalui media digital berbentuk viral marketing.

Sosok gadis cantik Sarah Aprilia yang dikenal di dunia maya merupakan tokoh fiksi, sebagai bagian dari strategi viral marketing. Yang hadir di sebuah pusat perbelanjaan tersebut ternyata Raline Syah, Putri Indonesia Favorit 2008.

Strategi marketing lewat media digital yang digunakan Mustika Ratu dalam peluncuran "Bask Cologne" memang cukup unik. Sarah Aprilia yang sebetulnya fiksi mampu memikat perhatian ribuan pria lewat situs pertemanan Facebook, Twitter, dan juga Yahoo Massanggers.Bahkan sarah aprilia menjadi perbincangan hangat di situs Kaskus dan Youtube.

Saya sendiri juga nge Fans dengan Raline Syah aka Sarah Aprilia, fotonya dengan baju daerah saya pajang hingga saat ini di desktop sbgai wallpaper.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar